Muhammad he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular levels.-Michael H Hart.

Thursday 29 May 2008

Aku adalah yang ketiga dari dua orang yang berserikat


Nabi Muhammad SAW bersabda:
Ø “Seorang hamba pada hari kiamat tiada melangkah kedua kakinya, sehingga padanya ditanyakan tentang empat perkara, yaitu tentang umurnya, dihabiskan untuk apa; tentang ilmunya, diamalkan untuk apa; tentang hartanya darimana diperolehnya dan diinfakkan untuk kepentingan apa, serta tentang fisiknya digunakan untuk apa.” (HR.Tirmidzi)

Ø "Dari Abu Hurairah,"Sesungguhnya Nabi Saw. Telah bersabda," Apabila seseorang meninggal dunia, terputuslah amalnya (tidak bertambah lagi kebaikan amalnya itu), kecuali tiga perkara: 1.Sedekah 2. Ilmu yang bermanfaat 3. Anak yang saleh yang mendoakan ibu bapaknya". (HR.Jamaah ahli hadis selain Bukhori & Ibnu Majah)

Ø Allah Ta'ala berfirman: Aku adalah yang ketiga dari dua orang yang berserikat selama masing-masing pihak tidak menghianati pihak lain, apabila ada yang berhianat, maka Aku keluar dari antara mereka. ( HR. Abu Dawud & Al-Hakim).


23.6.10
Dari Abdillah bin Mas'ud ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, "Orang yang mempunyai sifat sombong sedikit saja di dalam hatinya tidak akan masuk surga." Seseorang berkata, "Bagaimana halnya ihwal seseorang yang mempunyai pakaian-pakaian yang indah dan sepatu-sepatu yang indah?" Rasulullah saw bersabda, "Allah itu indah dan Allah menyukai keindahan (Seseorang tidak disebut sombong jika ia mempercantik dirinya). Kesombongan terletak pada penolakan terhadap kebenaran danmemandang orang lain rendah." (Muslim)

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa berbuat zhalim kepada saudaranya yang seiman dari hartanya atau sebagian dari itu, maka henndaklah ia menyelesaikannya pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari dimana dinar dan dirham tidak memberi manfaat apa-apa.Bila ia mempunyai amal shaleh maka amal tersebut diberikan kepada saudaranya yang dizhaliminya. Namun jika ia tidak memiliki amal shaleh maka dosa yang dizhaliminya, ditimpakan kepadanya."
(Bukhari - Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud)

No comments: