Muhammad he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular levels.-Michael H Hart.

Thursday 29 May 2008

Rasululah Saw melarang menjual tanah yang tidak ditanami itu selama dua atau tiga tahun


Nabi Muhammad SAW bersabda:
Ø “Dari Ibnu Umar, “Nabi SAW telah melarang menjual buah-buahan sebelum buahnya tampak masak (pantas diambil).” (Sepakat ahli hadis)

Ø Dari Jabir mengatakan: Rasululah Saw melarang menjual tanah yang tidak ditanami itu selama dua atau tiga tahun.” (HR.Muslim)

Ø “Barang siapa melakukan transaksi salaf (salam) hendaklah diperhatikannya takaran yang jelas dan timbangan yang jelas, sampai batas waktu tertentu”. (HR.Bukhari &, Muslim)

Ø “Dari Ibnu Umar. Rasulullah SW telah bersabda,”tidak ada (wajib) zakat pada harta seseorang sebelum sampai satu tahun dimilikinya”. (HR.Daruqutni)

Ø Berikanlah kepada buruh upahnya sebelum kering peluh (keringat)nya. (HR. Tabrani)

Ø Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): Seharusnyalah orang yang berakal itu membagi (waktunya)menjadi tiga jam: satu jam untuk berzikir dan berdoa kepada Allah, satu jam untuk mengadakan perhitungan terhadap dirinya sendiri dan satu jam lagi untuk keperluan makan dan minumnya.” (HR. Ibnu Hibban, dari Abu Dzar)

Ø Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): “Wahai Adam! Habiskanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku; niscaya Aku isi dadamu dengan perasaan kaya dan Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu. Dan jika engkau tidak berbuat demikian Aku isi tanganmu dengan kesulitan dan tidak Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah & Hakim dari Abu Hurairah)

Ø Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah SAW bersabda: Hak kewajiban seorang muslim terhadap sesama muslim ada lima: Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, mendatangi undangan dan menyambut do’a terhadap orang yang bersin (wahing)”. (HR.Bukhari & Muslim)

Ø Orang yang mengunjungi orang sakit (akan berada) pada kebun buah-buahan di syurga hingga orang itu kembali. (HR.Muslim)

No comments: