Muhammad he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular levels.-Michael H Hart.

Thursday 29 May 2008

Transaksi salaf (salam)


Nabi Muhammad SAW bersabda:
Ø “Barang siapa melakukan transaksi salaf (salam) hendaklah diperhatikannya takaran yang jelas dan timbangan yang jelas, sampai batas waktu tertentu”. (HR.Bukhar &, Muslim)

Ø “Tidaklah seorang berzina pada saat berzina itu ia beriman. Dan tidaklah seseorang mencuri pada saat ia mencuri itu beriman. Dan tidaklah seseorang meminum minuman keras pada saat ia meminum itu beriman”. (HR.Bukhari & Muslim)

”Dan kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawardan rahmat.” (QS Al-Isra' [17]: 82)

“Wahai Aisyah bahwa rumah yang tiada kurma di dalamnya adalah kelaparan bagi penghuninya.” Lalu Nabi berkata lagi, “Bahwa rumah yang tiada kurma di dalamnyaadalah kelaparan bagi penghuninya.” Hingga Nabi mengatakan kalimat yang sama sampai tiga kali.” (HR Muslim)

“Ada lima tanda kesucian (kebersihan) seseorang yaitu khitan (sunat), memangkas kumis, memangkas bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong bulu kemaluan.” (Bukhari dan Muslim)

”Al-talbinah adalah penawar untuk hati yang sakit, ia dapat menghilangkan berbagai macam kesedihan.” (Bukhari dan Muslim)

"Aku membersihkan darah-darah akibat pemukulan itu dengan air zam-zam, lalu aku meminum air zam-zam, selama tiga puluh haridi antara siang dan malam hanya mengkonsumsi air zam-zamtanpa makan, sehingga kembung hingga lehet perutkumekar dan sayatidak merasakan perutku lemah karena lapar.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud)

”janganlah kalian menjadikan rumahmu seperti kuburan, karena sesungguhnya setan akan lari terbirit-birit dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.”(HR Muslim)

”Barang siapa yang senantiasa meminta ampunan (beristighfar) maka Allah akan melapangkan dirinya dari kesusahan, dan memberikanjalan keluar dari kesempitan, serta karunia(rezeki) yang tiada disangka-sangka.”(HR Muslim)

”Barang siapa yang banyak bersedih maka fisiknya akan mengalami sakit.” (HR Ahmad)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal) yang menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, utang (yang menyibukkan pikiran dan mengacaukan hatiku) dan laki-laki yang menindasku.” (HR Buhkari)

”beras Gandum adalah dapat menenangkan jiwa penderita dan menghilangkan kesedihan.” (HR Bukhari dan Muslim)

”Rosullullah SAW bersabda, Dihallalkan dua jenis bangkai dan darah.” kemudia beliau ditanya, “Apakah du bangkai iti? Rosullulah menjawab, “belalang dan ikan.” Lalu ditanya lagi, “Dan apakah dua darah itu? Rosullalah menjawab, “Yaitu linpa dan jantung.” (HR Ahmad, Ibnu Majah, Baihaqi dan Ibnu Umar (Hadis marfu')

”Madu adalah penawar bagi setiap penyakit, dan Al-Qur'an adalah penawar bagi penyakit yang terdapat di dalam dada (hati), maka hendaklah kalian menggunakan dua terapi penyembukan penyakit dengan madu dan Al-Qur'an.” (Ibnu Majah dan Al-Hakim)

”Wahai Aisyah “Bahwa Rumah yang tiada kurma di dalamnya adalah kelaparan bagi penghuninya.” (HR Muslim)

”Cendawan sebangsa al-Mann airnya dapat menyembuhkan mata.” (HR Bukhari, Muslim dan Turmudzi)

"Barang siapa yang diberikan minuman susu oleh Allah; maka hendaklahia membaca; yaa Allah, berikanlah berkah-Mu pada minuman ini dan tambahkanlah karunia-Mu dari jenis minum ini, karena sesungguhnya air susu tidak dapat ditandingi dari semua jenis makanan dan minuman.” (HR An-Nasai)

Ø “Sungguh kalian ini telah hidup di zaman yang banyak ahli fiqihnya, sedikit ahli membaca dan ahli pidatonya, sedikit para pemintanya, banyak para pemberinya. Beramal di zaman ini, lebih baik dari pada ilmu. Dan bakal datang pada manusia, suatu zaman yang sedikit ahli fiqihnya, banyak ahli pidatonya, sedikit pemberinya, banyak pemintanya. Ilmu di zaman itu adalah lebih baik dari pada amal.” (Al Hadis)

No comments: