Muhammad he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular levels.-Michael H Hart.

Thursday 29 May 2008

Dan barang siapa yang tidak taat pada Amir maka ia tidak taat padaku (Nabi)

Nabi Muhammad SAW bersabda:
Ø Sahl bin Sa’ad r.a, berkata: Nabi SAW bersabda kepada Ali: Demi Allah kalau Allah memberi hidayah kepada seorang karena ajaranmu, maka yang demikian itu bagimu lebih baik dari kekayaan binatang ternak yang merah-merah. (HR.Bukhori, Muslim)

Ø “Barang siapa yang taat kepadaku (Nabi) maka ia taat pada Allah. Barang siapa yang tidak patuh padaku maka ia tidak taat pada Allah. Barang siapa yang taat kepada Amir (pemimpin) maka sesungguhnya ia taat padaku. Dan barang siapa yang tidak taat pada Amir maka ia tidak taat padaku (Nabi).” (HR.Muslim)

Ø Dari Abu Sa’id Al-Khudri ia berkata:”Aku mendengar Rasulullah bersabda:”Barang siapa melihat suatu kemungkaran dilakukan dihadapannya, maka cegahlah dengan tangannya, jika tidak mampu, maka cegahlah dengan lidahnya, jika tidak mampu maka bencilah dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman . (HR. Musim, Tirmidzy, Ibnu Majah, An-Nasai, At- Targhib)

Ø Abu Hurairah r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Sungguh pasti semua hak akan dikembalikan pada yang berhak pada hari Kiamat hingga kambing yang tidak bertanduk diberi hak (kesempatan) membalas pada kambing yang bertanduk. (HR.Muslim)

Ø Ummi Kultsum binti Uqbah bin Abi Muaith r.a, berkata: saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Bukan pendusta, seorang yang berusaha mandamaikan antara sesama manusia, untuk mencari kebaikan dan berkata baik. (HR.Bukhori, Muslim)

Ø Abdullah bin Mas’ud r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Sungguh akan terjadi sepeninggalku nanti monopoli dan mengutamakan diri sendiri, dan hal-hal yang kamu anggap tidak benar. Sahabat bertanya: Apakah yang kau pesankan kepada orang-orang yang mendapati kejadian itu ya Rasulullah? Jawab Nabi: Kamu harus menunaikan kewajibanmu, dan mengharapkan kepada Allah apa yang menjadi hakmu. (HR.Bukhori, Muslim)

Ø Orang alim adalah orang yang dipercaya Allah Swt di bumi.” (Al Hadis)

Ø “Dua golongan dari umatku, apabila mereka baik maka baik pula semua manusia, dan apabila mereka rusak, rusak pula manusia. Dua golongan itu ialah: para pemegang pemerintahan dan orang-orang yang pandai agama.” (Al Hadis)

Ø “Yang dapat memberi syafa’at nanti di hari kiamat, tiga golongan, yaitu: para Nabi, kemudian Ulama, kemudian orang-oang yang mati Syahid”. (Al Khatib)

Ø “Sungguh kalian ini telah hidup di zaman yang banyak ahli fiqihnya, sedikit ahli membaca dan ahlipidatonya, sedikit para pemintanya, banyak para pemberinya. Beramal di zaman ini, lebih baik dari pada ilmu. Dan bakal datang pada manusia, suatu zaman yang sedikit ahli fiqihnya, banyak ahli pidatonya, sedikit pemberinya, banyak pemintanya. Ilmu di zaman itu adalah lebih baik dari pada amal.” (Al Hadis)

Hadis riwayat Usaid bin Hudhair ra.:
Bahwa seorang lelaki Ansar menemui Rasulullah saw. dan bertanya: Apakah engkau tidak ingin mengangkatku sebagaimana engkau telah mengangkat si fulan? Rasulullah saw. menjawab: Sesungguhnya kamu sekalian akan menemui sepeninggalku para pemimpin yang egois, maka bersabarlah sampai kamu menjumpaiku di telaga kelak. (HR.Muslim)

Orang yang tewas melindungi keselamatan hartanya mati syahid dan yang membela (kehormatan) keluarganya mati syahid dan membela dirinya (kehormatan dan jiwanya) juga mati syahid. (HR.Ahmad)

Ø “Sesungguhnya sedikit amal itu bisa bermanfaat, kalau disertai pengetahuan terhadap Allah, sebaliknya, banyak amal tidak ada manfaatnya, beserta ketidaktahuan terhadap Allah.” (Al Hadis)
==
Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Aku berdiri di depan pintu surga, tiba-tiba aku melihat mayoritas yang memasukinya adalah orang-orang miskin dan aku juga melihat para penguasa (di dunia) dalam keadaan tertahan, kecuali penghuni neraka yang telah diperintahkan kepada mereka untuk memasuki neraka. Dan aku juga berdiri di depan pintu neraka, ternyata mayoritas yang memasukinya adalah dari kaum wanita. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Imran bin Hushain ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya yang paling sedikit menempati surga adalah kaum wanita. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun setelahku yang lebih membahayakan kaum lelaki daripada kaum wanita. (Shahih Muslim)

No comments: